MANDIRI PRODI UMUM

Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta akan membuka penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 melalui jalur mandiri khusus untuk program Studi Umum.  Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) merupakan salah satu proses yang ada di Universitas untuk menjaring calon mahasiswa baru. Semakin banyak tuntutan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bersaing di dunia kerja maka pendidikan di Perguruan Tinggi dapat menyiapkan SDM melalui prodi-prodi yang relevan di dunia kerja. Perguruan Tinggi harus mampu menyiapkan diri untuk dapat meningkatkan mutu dalam proses belajar mengajar dan memberikan fasilitas pendukung kepada peserta didik sehingga dapat mengikuti proses belajar dengan baik.

  DAFTAR SEKARANG  

Persyaratan

Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024. Peserta lulusan tahun 2022 dan 2023 wajib memiliki Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL), dan Peserta lulusan 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL)/Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa. 

Peserta melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman https://siakad.uinsaid.ac.id/pmb.php. Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia. Peserta memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi.

Untuk jalur mandiri Prodi Umum hanya di perbolehkan memilih program studi umum

  1. Prodi Ilmu Lingkungan
  2. Prodi Teknologi Pangan
  3. Prodi Sains Data
  4. Prodi Bioteknologi
  5.  

1. Jalur Seleksi Portofolio

  • Peserta yang diperbolehkan mendaftar adalah yang pernah mengikuti Ujian UTBK SNBT tahun 2022, 2023 dan 2024.

  • Penilaian Seleksi ini mempertimbangkan skor tertinggi sampai batas daya tampung program studi yang ditetapkan.

2. Jalur Seleksi Computer Based Test (CBT)