Loading...
Card image
PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR RPL (REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU)

Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang memiliki pengalaman belajar nonformal, informal, maupun pengalaman kerja relevan untuk melanjutkan studi melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Jalur RPL memungkinkan individu yang telah memiliki keterampilan atau pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang studi tertentu untuk dikonversi menjadi satuan kredit semester (SKS) dalam perkuliahan. Dengan demikian, mahasiswa dapat menyelesaikan studi lebih efisien dan sesuai dengan latar belakang kompetensinya.

Proses seleksi jalur RPL terdiri dari 2 cara, meliputi RPL Transfer Kredit dan RPL Perolehan Kredit.

1. Syarat Umum
Calon pelamar jalur RPL wajib memenuhi salah satu ketentuan berikut:
  • Lulusan dari pendidikan formal D3/S1/S2
  • Pernah menempuh pendidikan tinggi dengan status mengundurkan diri
  • Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/D1 dengan pengalaman kerja atau pendidikan nonformal/informal
2. Syarat Khusus
  • RPL Transfer Kredit:
    • Pernah menempuh pendidikan pada program studi di perguruan tinggi
    • Berlaku hanya untuk jenjang S1
    • Tidak berstatus Drop Out (DO) jika dari UIN Raden Mas Said
    • Putus studi (DO) dari PT lain diperbolehkan
    • Penyesuaian SKS dan asesmen jika ada perbedaan kurikulum
  • RPL Perolehan Kredit:
    • Lulusan SMA/sederajat atau sarjana (untuk magister)
    • Memiliki capaian pembelajaran dari pengalaman kerja atau pendidikan nonformal/informal
3. Pendaftaran & Pembayaran
Pendaftaran dilakukan secara mandiri melalui laman (link akan disediakan). Pembayaran melalui bank yang ditentukan panitia.

Melalui Transfer Kredit dan Perolehan Kredit:
  • Program Studi Sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
  • Program Studi Sarjana Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA)
  • Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  • Program Studi Sarjana Tadris Bahasa Indonesia (TBI)
  • Program Studi Sarjana Hukum Keluarga Islam (HKI)
  • Program Studi Sarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)
  • Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Hanya Melalui Jalur Perolehan Kredit:
  • Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Biaya Pendaftaran:
Sarjana: Rp 300.000
Magister: Rp 500.000

Silakan siapkan beberapa informasi dan dokumen berikut untuk mempercepat proses pendaftaran:

  • KTP/KK/Identitas kependudukan lainnya
  • Dokumentasi pekerjaan yang pernah dilakukan (foto / video / produk / hasil tes, dll.)
  • Dokumen analisis / perancangan (parsial dan lengkap) ketika bekerja di perusahaan
  • Ijazah & transkrip nilai pendidikan terakhir
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Surat keterangan dari instansi tempat bekerja (bagi pekerja) atau Surat keterangan usaha/bukti kepemilikian usaha (bagi pelaku usaha)
  • Daftar riwayat pekerjaan dengan rincian tugas yang dilakukan
  • Sertifikat kompetensi*
  • Buku harian / catatan harian pekerjaan yang dilakukan di tempat kerja
  • Logbook (buku catatan pekerjaan)
  • Keanggotaan asosiasi profesi yang relevan*
  • Penghargaan dari industri*
  • Piagam penghargaan*
  • Sertifikat/lisensi yang sesuai dengan jabatan kerja*
  • Lembar tugas / lembar kerja ketika bekerja di perusahaan
  • Sertifikat pelatihan disertai dengan uraian materi pelatihan dan lamanya pelatihan
  • Referensi / surat keterangan / laporan verifikasi pihak ketiga dari pemberi kerja / supervisor
  • Penilaian kinerja dari perusahaan
  • Dokumen lain yang mendukung

*jika memiliki

Langkah-langkah Pendaftaran Jalur Mandiri RPL

  1. Isi Formulir Pendaftaran melalui https://siakad.uinsaid.ac.id/pmb.php/login/periode
  2. Lakukan FINALISASI pendaftaran (Pastikan semua data terisi dengan benar)
  3. Cetak tagihan biaya pendaftaran (Kode Pembayaran)
  4. Pendaftar melakukan pembayaran melalui Bank BRI & BSI (Panduan pembayaran Klik Disini)
  5. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, login kembali ke akun untuk mengunggah file foto dan mencetak Kartu Peserta/Ujian
  6. Kartu ini harus dicetak dan dibawa saat mengikuti ujian
    (Jadwal Cetak Kartu Sesuai Waktu Yang Ditentukan)

Jalur Mandiri Gelombang 2 - Jalur RPL

No Kegiatan Tanggal
1 Pendaftaran / Pembayaran 23 Juli - 08 Agustus 2025
Pukul: 15.00 WIB
2 Cetak Kartu Peserta Ujian Mulai 09 Agustus 2025
3 Asesmen berupa Dokumen/Portofolio;
Wawancara (jika dianggap perlu)
09 - 11 Agustus 2025
4 Pengumuman Hasil Seleksi 13 Agustus 2025
Pukul: 15.00 WIB
5 Daftar Ulang / Registrasi Online 14 Agustus 2025
6 Pengumuman UKT Final 15 Agustus 2025
Pukul: 15.00 WIB
7 Pembayaran UKT 16 - 18 Agustus 2025

  1. Slip Gaji orang tua atau Surat Pernyataan Penghasilan orang tua (diketahui oleh kelurahan/pemerintah desa dan bermaterai)
  2. Kwitansi Pajak Bumi dan Bangunan (dapat diganti surat pernyataan jika: kontrak, masih milik orang tua, dll)
  3. Surat Pernyataan Pemakaian Pulsa Rata-rata per Bulan (satu keluarga)
  4. Surat Pernyataan Kebenaran Data
  5. Bukti Pembayaran Listrik atau Pembelian Token
  6. Dua (2) Foto Rumah (bagian depan dan bagian ruang tamu)
  7. Kartu Keluarga
  8. File Foto Diri
  9. Surat Keterangan Bebas Narkoba
  10. Surat Keterangan Berkelakuan Baik atau SKCK dari Kepolisian Sektor (bisa disusulkan)
  11. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus